Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan dan beberapa hal yang berkaitan dengan sebuah produk baik berupa barang atau jasa.
Dalam prakteknya perilaku konsumen erat kaitannya dengan strategy pemasaran dimana perilaku konsumen akan sedikit banyak memberikan kita informasi akan produk baik berupa barang dan atau jasa yang kita pasarkan atau kita tawarkan.
Selain itu perilaku konsumen dapat memberikan kita sebuah alternatif baru akan kebutuhan barang dan jasa yang sudah dan beredar dipasaran, baik dalam hal kualitas maupun kuantitas hal ini dapat kita lihat dari tingkat kepuasan konsumen dan tingkat kejenuhan mereka ketika mempergunakan barang dan atau jasa yang kita tawarkan atau kita pasarkan. Hal inilah yang kemudian dapat memberikan kita masukan untuk bisa lebih memuaskan dan atau memenuhi kebutuhan mereka.
Menurut beberapa teori yang ada perilaku konsumen lebih dipengaruhi oleh 4 faktor yang diantaranya adalah : Faktor Sosial , Budaya , Pribadi dan Psikologi yang kesemuanya sedikit banyak mempengaruhi persepsi , nilai , serta acuan bagi mereka untuk mengkonsumsi dan atau mempergunakan barang dan atau jasa yang kita tawarkan.
0 comments:
Post a Comment